TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start

TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start : Cara Mudah Mengatasinya !!

Posted on

Bengkeltv.idTV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start : Cara Mudah Mengatasinya !!. Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi telah menjadi perangkat penting di setiap rumah, membawa informasi, hiburan, dan dunia luar ke dalam ruang tamu kita. Tidak heran, jika kita merasa frustrasi ketika perangkat yang kita Kalianlkan ini tidak berfungsi dengan baik. Salah satu masalah yang mungkin dihadapi oleh pemilik televisi adalah ketika TV berada dalam mode standby dan tidak mau memulai atau menyala.

Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas tentang salah satu produk populer di pasar, yaitu TV Sharp Alexander. Mungkin Kalian telah mengalami masalah TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start, atau mungkin Kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang masalah ini untuk mencegahnya terjadi. Mari kita selami lebih dalam untuk memahami penyebab dan solusi masalah ini.

Mengenal TV Sharp Alexander

TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start

Untuk yang belum tahu, TV Sharp Alexander adalah televisi tabung datar yang pertama kali dirilis dan diperkenalkan pada tahun 2006. Pada zamannya, televisi ini dianggap salah satu yang terbaik. Keunggulannya tidak lepas dari fitur-fitur unggulan yang dimilikinya.

Salah satu fitur yang menjadi daya tarik adalah penggunaan layar CRT Pure Flat dengan resolusi 1366 x 768 piksel. TV Sharp Alexander dipasarkan dengan kode nama 21AXS250E3, yang berarti televisi tabung ini memiliki ukuran layar 21 inci.

Berbagai fitur telah disematkan sebagai bagian dari keunggulan produk terbaik dari Sharp pada masanya. Namun, semua fitur tersebut mungkin sudah mulai tergerus oleh perkembangan waktu dan kalah bersaing dengan televisi Sharp terbaru.

Baca juga:  Cara Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Namun, jika kita berbicara tentang masalah yang sering dihadapi pada televisi tabung, salah satu masalah umum adalah masalah standby dan tidak mau menyala. Masalah ini juga banyak dialami oleh pengguna TV Sharp Alexander yang mengalami masalah standby dan kesulitan untuk dihidupkan.

Mengapa TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start?

Masalah standby dan enggan memulai bukanlah suatu kondisi yang hanya dialami oleh pemilik TV Sharp Alexander. Tetapi, hal ini bisa terjadi pada berbagai jenis dan merek televisi, baik itu televisi tabung atau televisi layar datar.

Bisa dikatakan, faktor penyebab utama televisi yang berada di mode standby dan enggan memulai sangat mirip pada semua jenis. Hanya saja, letak dan komponen tertentu mungkin berbeda-beda pada setiap merek, jenis, dan tipe TV, termasuk pada TV Sharp Alexander.

Menanggapi hal ini, pemilik TV Sharp Alexander mungkin penasaran mengapa televisi mereka bisa berada dalam kondisi standby dan enggan memulai. Secara umum, ada beberapa faktor utama penyebabnya, di antaranya seperti:

1. Ada Kerusakan di IC Croma

IC Croma pada televisi berfungsi layaknya sebuah prosesor. Semua aktivitas yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar dan disalurkan dalam bentuk suara semuanya akan melalui IC ini.

Jika kondisi IC Croma mati atau tidak bekerja dengan semestinya, hal ini bisa mengakibatkan berbagai bentuk kerusakan, termasuk kondisi TV Sharp Alexander Standby dan tidak mau memulai.

Sama seperti pada sebuah komputer, ketika ada kerusakan pada bagian prosesor, kita harus mengganti prosesor tersebut, begitu juga dengan TV Sharp Alexander. Ketika IC Croma mati, kita harus menggantinya.

2. Arus antar Komponen Tidak Sempurna

TV Sharp Alexander yang enggan memulai juga bisa terjadi karena sirkulasi arus antar komponen yang tidak optimal. Sebagai contoh, salah satu pin IC Chroma membutuhkan arus bertegangan 12v.

Namun, jika komponen dioda atau elco mengalami kerusakan, arus yang mengalir ke IC tersebut bukan lagi 12 volt, melainkan hanya 3v atau 5v. Ini menandakan adanya kerusakan yang harus kita identifikasi letaknya dan memperbaikinya.

Baca juga:  Apa Saja Menu Servis TV Sharp? : Panduan Untuk Pemula

3. Elco Pengatur Arus Mati / Terbakar

Berdasarkan pengalaman, TV Sharp yang mati dan hanya berada dalam mode standby juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian elko yang mengatur tegangan atau arus di bagian regulator atau lainnya. Jika hal ini terjadi, sirkulasi arus akan terganggu.

Oleh karena itu, kita perlu memeriksa kondisi Elco tertentu yang berhubungan langsung dengan sirkuit arus utama di dalam TV. Jika ditemukan adanya kerusakan atau bahkan Elco terbakar, tentu kita harus menggantinya.

Persiapan Awal Mengatasi TV Sharp Alexander Standby

Menurut beberapa pendapat dari teknisi TV, mereka mengemukakan bahwa penyelesaian masalah mode standby pada TV tabung cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan TV LCD. Bahkan, situasi ini memungkinkan Kalian untuk melakukan perbaikan secara mandiri.

Namun, seperti perbaikan pada alat elektronik lainnya, Kalian juga perlu memiliki pengetahuan dasar tentang elektronik. Dengan demikian, Kalian bisa mempersiapkan alat yang diperlukan. Berbicara tentang alat-alat tersebut, berikut ini adalah beberapa alat yang harus Kalian siapkan.

  • Mutitester analog atau digital
  • Solder & Tinol
  • Solder Sucker Desoldering
  • Tang jika dibutuhkan
  • Obeng berbagai ukuran
  • Alat kelistrikan lainnya

Solusi Mengatasi TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start

Untuk mengatasi masalah TV Sharp Alexander yang hanya standby, solusinya cukup sederhana, yaitu dengan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

Ini secara umum hampir mirip dengan masalah TV Sharp Protek. Karena secara teknis, ciri-ciri atau gejalanya hampir sama. Hanya saja, penyebab utamanya mungkin berbeda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi dan mengganti komponen yang rusak.

  • Siapkan IC Croma baru yang sesuai dengan tipe TV, lalu ganti IC Croma yang ada di dalam televisi.
  • Lakukan pengecekan pada Dioda 605, dan jika kondisinya sudah tidak layak, Kalian bisa menggantinya dengan dioda baru.
  • Selanjutnya, Kalian bisa mencoba melakukan pengecekan pada Elco, karena seperti yang telah kami sebutkan di atas, ini menjadi salah satu komponen yang paling sering mengalami kerusakan.
  • Jika Elco dan semua komponen di atas sudah Kalian ganti, coba hidupkan TV Sharp Kalian.
Baca juga:  Cara Menguatkan Sinyal TV Digital Dengan Mudah

Kelebihan TV Sharp

TV Sharp memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dinikmati di rumah. Berikut ini adalah beberapa kelebihan TV Sharp

1. Layar yang lebih jernih.

TV Sharp dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengurangi gangguan pada sinyal TV sehingga menghasilkan gambar yang lebih jernih.
Selain itu, Anda dapat memilih resolusi layar yang menjamin kualitas gambar, mulai dari HD Ready hingga 8K.

2. Dukungan siaran TV digital.

Produk terbaru TV Sharp sudah dilengkapi dengan fitur DVB-T2 bawaan yang mampu menangkap sinyal TV digital.
Dengan demikian, Anda tidak perlu membeli set top box terpisah untuk menikmati siaran TV digital.

3. Garansi yang panjang.

Sebagian besar produk TV Sharp dilengkapi dengan masa garansi hingga 5 tahun, menunjukkan bahwa produk TV Sharp tahan lama.

4. Teknologi Jepang yang canggih.

Saat ini, TV Sharp tersedia dalam berbagai spesifikasi, mulai dari TV dasar hingga TV pintar dengan fitur Google Assistant yang dapat ditemukan di toko-toko offline maupun online.

Baca Juga :

Penutup

Secara keseluruhan, permasalahan TV Sharp Alexander yang standby dan tidak mau start bisa saja merupakan tKalian adanya gangguan pada komponen di dalam TV itu sendiri. Sebaiknya, jangan coba untuk memperbaikinya sendiri jika Kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang elektronik.

Lebih baik serahkan kepada para profesional untuk memastikan bahwa permasalahan dapat diatasi dengan tepat dan aman. Terakhir, ingatlah selalu untuk melakukan perawatan rutin pada TV Kalian untuk meminimalkan risiko terjadinya kerusakan. Semoga informasi dari bengkeltv.id bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam mengatasi TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *